EdukasiKabar

Anies sampaikan tiga indikator untuk melakukan pelonggaran pembatasan sosial

Jakarta-fokusbanten.com Hari ini (Kamis, 4 Juni 2020) adalah hari terakhir kita di DKI Jakarta menerapkan PSBB tahap ketiga. Siang tadi kami menyampaikan perkembangan dan apa yang sudah kita lakukan kemarin dan apa yang akan kita lakukan ke depan.

Evaluasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta, berdasarkan kajian ilmiah Tim Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia, estimasi angka reproduksi efektif/ effective reproduction number (Rt) dari COVID-19 di wilayah DKI Jakarta sampai dengan 4 Juni 2020 adalah 0,99.

Di bulan Maret, angka Rt kita 4. Kita mulai melakukan pembatasan, penutupan sekolah, Car Free Day ditiadakan, imbauan work from home, sehingga angkanya dapat turun drastis di bulan Maret – April ini. Jika dilihat dari kasus positif harian dan jumlah kematian harian per tanggal 3 Juni 2020, grafik di Jakarta relatif turun. Ini adalah kerja bersama seluruh masyarakat yang selalu disiplin menjaga protokol kesehatan.

Ada tiga indikator untuk melakukan pelonggaran pembatasan sosial, yaitu:
• Epidemiologi : Tren PDP di Jakarta yang fluktuatif cenderung meningkat, Tren Kasus Positif yang fluktuatif cenderung menurun, dan Tren Kematian selalu menurun. Skor: 75
• Kesehatan Publik: Tren jumlah tes PCR di Jakarta yang fluktuatif cenderung meningkat, Proporsi di rumah saja di perkotaan 50 – 70 %. Skor: 70
• Fasilitas Kesehatan: Jumlah ventilator dan Jumlah APD di Jakarta ada peningkatan dan memenuhi kebutuhan. Skor: 100

Total skor dari ketiga indikator tersebut di DKI Jakarta adalah 76. Sehingga, pembatasan sosial dapat mulai dilonggarkan secara bertahap dengan tetap waspada terhadap lonjakan kasus.

Selama PSBB kita berhasil mengubah tempat-tempat yang berwarna merah sebelumnya, menjadi hijau. Tapi, kita masih punya PR untuk mengubah beberapa tempat lain yang masih merah menjadi berwarna hijau.

Masih ada 66 RW yang rawan penularan COVID-19, maka Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan COVID-19 DKI Jakarta menetapkan PSBB DIPERPANJANG dan bulan Juni sebagai masa TRANSISI.

Mulai besok kita masuk fase transisi. Semua sanksi terhadap pelanggaran PSBB masih tetap berlaku. Pelanggaran kewajiban menggunakan masker juga akan ditindak. Jangan sampai kita mengulangi lagi ke masa sebelum ini.

Mari kita disiplin menjalankan #PSBBTransisi, dukung semua yang dikerjakan pemerintah untuk menangani COVID-19. Saling mendukung di antara kita, InsyaAllah penyebaran wabah akan terus bisa kita tekan dan insyaAllah akan bisa kita tuntaskan. Sumber: halaman facebook Anies Baswedan. (mu94)

https://bit.ly/PSBBtransisi
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close