Nasional

Ahmad Zakiyuddin Lantik DPW PDRI Kalimantan Selatan Via Zoom

FokusBanten.com – Organisasi Persaudaraan Dosen Republik Indonesia (PDRI) semakin berkembang ke seluruh negeri. Hal itu ditandai dengan dilantiknya kepengurusn dewan pimpinan wilayah (DPW) PDRI Kalimantan Selatan. Acara pelantikan dilaksanakan pada tanggal 19 Agustus 2021 secara virtual melalui media zoom. Pelantikan dilakukan langsung oleh Ketua Umum dan Sekjen DPP PDRI yaitu Dr. Ahmad Zakiyuddin, S.IP., M.Si dan Dr. Drs. H. Yadiman, SH., MH.

Pengurus DPW PDRI Kalimantan Selatan yang dilantik dinakhodai oleh Dr. H. Samahuddin Muharram, S.IP., M.Si sebagai Ketua, Dr. Agus Salim, S.Ag, M.Pd wakil ketua, Dr. Siswanto Rawali, S.Sos., M.Si sebagai Sekretaris, Aris Setia Noor,SE., M.Si wakil Sekretaris, Dr. Khuzaini, MM sebagai Bendahara dan Dr. Ahmad Muradi, M.Ag sebagai wakil Bendahara.

Ketua DPW PDRI Provinsi Kalimantan Selatan, Samahuddin Muharram dalam sambutanya menyampaikan “sebagai dosen memiliki kewajiban untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, dosen memiliki tanggung jawab moral dalam mewujudkan cita-cita tersebut namun tidak berbanding lurus dengan tingkat kesejahteraan yang di dapatkan dosen, oleh karena itu hal-hal tersebut harus di perjuangkan bersama melalui forum DPW dan DPP PDRI” ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris LLDIKTI wilayah XI Kalimantan Dr. Muhammad Akbar, menyampaikan ucapan selamat kepada pengurus DPW PDRI Provinsi Kalimantan Selatan yang dilantik. LLDIKTI wilayah XI Kalimantan siap bersinergi dengan DPW PDRI Kalimantan Selatan dalam mewujudkan program-programnya” janji Muhammad Akbar.

Ketua Umum DPP PDRI, Dr. Ahmad Zakiyuddin dalam arahannya menyampaikan bahwa hakekat PDRI sebagai organisasi persaudaraan, dimaksudkan bahwa nilai-nilai kebersamaan, kepedulian, musyawarah dan tenggang rasa menjadi acuan nilai di PDRI . Tentu saja dengan tidak mengabaikan nilai-nilai dasar berorganisasi seperti profesionalitas dan objektivitas. Selanjutnya, PDRI Kalimantan Selatan didorong untuk aktif melakukan program-program yang berorientasi pada kesejahteraan dan peningkatan SDM anggotanya. Disamping itu, harus banyak melakukan program sinergi dengan LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan dan Pemerintah Daerah, tegasnya.

Setelah prosesi acara pelantikan, kegiatan dilanjutkan dengan Orasi Ilmiah yang disampaikan oleh Ketua Dewan Pakar DPW PDRI Provinsi Kalimantan Selatan, Prof. Dr. Ahmad Alim Bachri, SE., M.Si. Tema orasinya adalah “Tantangan Penyelenggaraan Pendidikan di Era Pandemi Covid-19”

Dalam orasinya, mantan Wakil Rektor bidang akademik ULM itu menyampaikan bahwa “Covid-19 memberikan dampak yang luar biasa terhadap seluruh proses kehidupan manusia tanpa terkecuali bagi sektor pendidikan. Pandemi Covid-19 yang masih terjadi hingga saat ini mengharuskan seluruh universitas di Indonesia harus memiliki inovasi. Tentunya pada wilayah ini, memerlukan peran penting dari PDRI untuk turut serta memberikan kontribusi yang positif terhadap penyelenggaraan pendidikan di tengah pandemi Covid-19. Pandemi ini juga membuat masyarakat secara keseluruhan kehilangan kesempatan untuk meningkatkan kesejahtraan mereka. Dunia pendidikan tentunya membutuhkan biaya pendidikan. Tantangan pendidikan di kota-kota besar berbeda dengan apa yang terjadi di pelosok tanah air. Itu menjadi tanggung jawab penting pemerintah untuk memperbaiki sistem pendidikan di seluruh wilayah Indonesia. Di ujung orasinya Prof. Ahmad mengharapkan DPW PDRI Kalimantan Selatan mampu menjalin komunikasi dengan pemerintah daerah tingkat Kabupaten/Kota dan Provinsi dalam rangka melahirkan kebijakan-kebijakan yang mampu mendorong perbaikan kualitas pendidikan di berbagai jenjang di Kalimantan Selatan, tutupnya. (Agil/Sis)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close