Daerah

Ahmad Zakiyuddin Bagikan Beberapa Akses dan Fitur Transaksi Digital di Indonesia dalam Webinar Bertemakan Kemajuan Teknologi: Musibah atau Anugerah?

Kementerian Kominfo berkerjasama dengan Siberkreasi Gerakan Literasi Digital Nasional 2021 Kabupaten Lampung Selatan Provinsi Lampung menyelenggarakan Webinar Nasional Gerakan National Literasi Digital 2021 Rabu 22 September 2021 dengan mengambil tema : “Kemajuan Teknologi: Musibah atau Anugerah?”

Dalam pembukaan kegiatan Presiden Joko Widodo mengungkapkan bahwa Literasi Digital adalah merupakan kerja besar, dukungan dari semua komponen bangsa sangat dibutuhkan,”Ungkap Jokowi.

Ahmad Zakiyuddin Selaku Narasumber Memberikan Paparan Terkait Akses dan Fitur Transaksi Digital

Hadir sebagai pemateri Ketua Umum Perhimpunan Humas Perguruan Tinggi Indonesia ( Perhumani ) Dr. Ahmad Zakiyuddin, S.IP.,M.I.Kom sebagai Narasumber Nasional. Kepala SMA Negeri 6 Metro dan Andalan Daerah Gerakan Pramuka Lampung Sunarti, M.pd. Dosen IAIN Metro/Ketua Lembaga Penjamin Mutu IAIN Metro Dr. Dedi Irwansyah, CEO of Bicara Project R Daniel Wisnu Wardana, S.IP.,M.F.Tv. Beatboxer, Influencer Ferry Beat Kegiatan ini diikuti oleh Peserta 120 dari seluruh Indonesia.

Dalam pemaparannya Ahmad Zakiyuddin menegaskan bahwa Sistem transaksi digital menyediakan cara transaksi untuk pembelian barang ataupun jasa melalui internet. Berbeda dengan sistem transaksi biasanya. Pelanggan mengirimkan seluruh data yang berkaitan dengan transaksi kepada penjual melalui internet, tidak ada interaksi eksternal yang jauh antara pelanggan dan penjual.

Selanjutnya Zaki panggilan Akrab Dosen FISIP Universitas Langlangbuana tersebut menambahkan beberapa aplikasi transaksi digital diantaranya adalah OVO.
OVO adalah sebuah aplikasi Smart yang memberikan layanan transaksi dan transksi secara online (OVO Cash). Pengguna juga bisa untuk mengumpulkan poin setiap kali melakukan transaksi transaksi melalui OVO,”Ungkap Zaki.

Secara umum, OVO Cash dapat digunakan untuk berbagai macam transaksi yang telah bekerja sama dengan OVO menjadi lebih cepat. Sedangkan OVO Points adalah loyalty rewards bagi yang melakukan transaksi dengan menggunakan OVO Cash di merchant merchant rekanan OVO. Untuk OVO Points sendiri, dapat ditukarkan dengan berbagai penawaran menarik hingga ditukarkan dengan transaksi di merchant rekanan OVO,”Tambah Zaki.

Selain menjelaskan OVO, Zakiyuddin mengungkapkan mengenai aplikasi Go-Jek yang memiliki layanan pembelian pulsa atau Go-Pulsa, layanan pijat oleh tukang pijat professional atau Go-Massage, layanan pembersihan rumah atau Go-Clean, layanan pemesanan tiket mulai dari tiket konser hingga nonton Go-Tick, layanan perawatan kendaraan bermotor atau Go-Auto dan beberapa layanan lainnya, agar bias menggunakan GO-PAY perlu melakukan top-up terlebih dahulu, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengisi saldo GO-PAY yaitu melalui ATM, minimarket, Alfamart dan melalui driver.

Webinar Bertema Kemajuan Teknologi: Musibah atau Anugerah?

Perkembangan transaksi sudah melakukan revolusi di masa sekarang dan munculah yang namanya sistem transaksi digital yang berbentuk Paperless. Selain dari tuntutan perkembangan zaman, kebutuhan masyarakat yang beraneka ragam menjadi salah satu landasan adanya revolusi perkembangan transaksi digital untuk memudahkan manusia dalam menjalani kehidupannya menjadi lebih efektif dan efisien serta juga dapat meminimalisir terjadinya inflasi di negeri ini akibat banyaknya uang yang beredar di masyarakat,”Kata Zaki.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close