Teknologi

Ahmad Zakiyuddin Bagikan Tips Menjaga Keamanan Data Pribadi di Media Sosial

Fokusbanten.com – Kementerian  Kominfo berkerjasama dengan Siberkreasi Gerakan Literasi Digital Nasional 2021 Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu menyelenggarakan Webinar Nasional   Gerakan National Literasi Digital 2021 pada Senin, 23 Agustus 2021 dengan mengambil  tema : “Kesiapan Masyarakat Dalam Transformasi Digital. ”

Hadir sebagai narasumber, Ketua Umum Perhimpunan Humas Perguruan Tinggi Indonesia ( Perhumani ) Dr. Ahmad Zakiyuddin, S.IP., M.Ikom., Kepala MAN Kaur Muflihah Fitriani, S.Ag,.M.Pd,  Guru PPKn SMA Negeri 1 Kaur, Dosen STP Bandung, Dosen luar AKPAR NHI,  Agung Ilham Triana.,SE MM.Par. Kegiatan ini diikuti oleh  118  Peserta  dari seluruh Indonesia.

Ahmad Zakiyuddin mengungkapkan bahwa media sosial adalah media daring tempat berpartisipasi, berinteraksi, berbagi, dan menciptakan isi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu.

Media Sosial Bukan hanya sebagai Sarana berkomunikasi antar individu, tetapi juga dapat menunjang kegiatan ekonomi (marketing), bisnis, bahkan kegiatan pembelajaran,”ungkap Zaki.

Selanjutnya Ahmad Zakiyuddin menambahkan bahwa Internet dan sosial media bukan lagi menjadi gaya hidup tetapi sudah menjadi kebutuhan hidup. Terlebih lagi pada masa pandemic covid-19 seperti sekarang ini.

Kita harus memperketat keaman akun yang kita miliki. Ada empat tips untuk menjaga keamanan data pribadi ketika mengunakan media social,”tambah Zaki.

Seperti Persulit Cara Log In ke Akun, Jangan Berbagi Informasi Sensitif, Gunakan Aplikasi dengan End-to-End Encryption, menghindari aplikasi yang tidak dikeluarkan secara resmi oleh perusahaan sistem operasi.

Media sosial berawal dari pikiran, lalu jari-jari adalah penentu paling akhir. Sangat bijaksana jika berkali-kali berpikir sebelum menulis di media social. Jadikanlah media sosial sebagai sarana untuk meraih ridha Allah Ta’ala, bukan untuk mendapatkan pujian dari manusia, ajang ujub, takabbur, maksiat, dan lain sebagainya. Ucapnya menutup pemaparan.

Tags
Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close