World

Pergerakan Politik Islam Modern

Pada saat ini pola dari politik islam mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Akan tetapi dengan perkembangan saat ini serta tantangan yang akan dihadapi harus adanya pembaharuan gerakan politik islam baik dari segi pimikrian maupun gerak.

Banyak tantangan pada pergerakan politik islam modern saat ini, era globalisasi telah menyatukan dimensi-dimensi kehidupan baik sosial, ekonomi, politik, keamanan, budaya maupun lingkungan hidup melalui proses-proses integrasi, kesaling-hubungan dan ketergantungan. Oleh karenanya persoalan-persoalan yang ditimbulkan tidak hanya semakin kompleks melainkan melintasi batas-batas nasional (transnasional) dan konsekuensinya sangat mempengaruhi dan menimbulkan dampak yang tidak dapat dihindari.

Di Indonsia, pandanagan akan gerak politik islam menjadi isu yang sentral serta persoalan yang mendasar dalam hal ini adalah masalah perbedaan pemahaman terhadap hubungan agama dan negara, Satu sisi memandang bahwa agama meupakan bagian dari negara, sedang satu sisi memandang bahwa antara agama dan negara adalah berbeda tetapi keduanya tidak bisa dipisahkan. Kemudian adanya pemanfaatan oleh elemen tertentu yang menjadikan pandangan politik islam sebagai kendaran poltik yang tidak relevan dengan masyarakat yang berdampak pada perpecahan atau sering disebut dengan politik identitas.

Perkembangan politik islam modern ini sangat terjadi di daerah timur-tengah dan kemudian meluas ke indoneisa. Dengan demikian, dampak yg terjadi saat ini, indonesia mengalami perkembangan politik islam yang sangat masif. Tantanagan selanjutnya adalah kapan indoneisa menjadi peran dalam perkembangan islam modern.

Fikri Emsa – Cakaba

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close