World

Peran pemuda dalam perkembangan industri dan pariwisata halal di Indonesia

Pesatnya perkembangan industri halal dewasa ini menumbuhkan trend tersendiri di masyarakat untuk menggunakan apa saja dengan label halal, mulai dari gaya hidup halal, produksi makanan halal, pariwisata halal sampai ke fashion halal, serta konsep halal dalam jasa keuangan keuangan. Hal itu tidak terlepas dari berubahnya konsep halal di mindset masyarakat yang dulu hanya sebatas konsep pada barang-barang konsumsi, kini berubah menjadi lebih komprehensif dalam kehidupan sehari-hari. Lebih dari itu, halal tidak lagi hanya kewajiban agama tetapi di luar itu, konsumsi atau produksi halal tersebut menjadi standar pilihan bagi Muslim dan non-Muslim.  Sebagaimana industri keuangan syariah, perkembangan industri halal ini menyesuaikan dengan kebutuhan manusia sehari-hari. Peningkatan aktivitas keseluruhan industri halal tidak terlepas dari tingginya peningkatan aktivitas industri keuangan syariah global sebagai penyumbang kontribusi terbesar. Faktor lain yang menjadi katalis adalah meningkatnya kesadaran dalam menerapkan nilai-nilai agama dari umat Islam..

Kehalalan suatu aktivitas pariwisat dewasa ini menjadi pertimbangan tersendiri, khususnya bagi para turis-turis Muslim. Apabila tren ini mampu dimaksimalkan bagi para stakeholder pariwisata baik itu pemerintah pusat dan daerah, pelaku usaha pariwisata, dan sebagainya, tentunya akan memberikan kontribusi positif untuk mendongkrak perekonomian. Secara umum wisata halal dapat diartikan sebagai kegiatan wisata yang dikhususkan untuk memfasilitasi kebutuhan berwisata ummat Islam. setiap objek wisata atau tindakan yang diizinkan menurut ajaran Islam untuk digunakan atau dilibatkan oleh Muslim dalam industri pariwisata. Definisi ini mempertimbangkan hukum Islam (syariah) sebagai dasar untuk memberikan produk dan layanan pariwisata kepada pelanggan sasaran yang kebanyakan Muslim, seperti hotel Halal (hotel yang sesuai syariah), Resor Halal, restoran halal, dan perjalanan halal. Definisi ini mengklaim bahwa lokasi kegiatan tidak terbatas pada dunia Muslim. Oleh karena itu termasuk layanan dan produk yang dirancang untuk wisatawan Muslim di negara-negara Muslim dan non-Muslim Selanjutnya, definisi menganggap tujuan perjalanan belum tentu religius. Ini mungkin salah satu motivasi umum pariwisata.

Perkembangan industri halal yang begitu pesat dalam beberapa tahun belakangan ini menjadi role model tersendiri dikalangan masyarakat. Pemuda diharapkan mampu mengambil peran dalam pengembangan industri halal di Indonesia. Semangat dan kreatifitas menjadi kekuatan dasar untuk mengembangkan industri halal, perkembangan teknologi menjadi elemen pendukung yang mampu mendukung itu. Keterbatasan modal dan persaingan usaha menjadi permasalahan serius yang dihadapi oleh pemuda dalam perannya mengembangkan industri halal di Indonesia.  

Terdapat 3 (tiga) peran yang dapat diambil oleh pemuda dalam perkembangan industri halal, yakni sebagai produsen yang memproduksi produkproduk halal, kemudian sebagai konsumen untuk meningkatkan nilai tawar dari produk halal, dan sebagai distributor yang menyalurkan serta memasarkan produk-produk halal yang telah diproduksi.   

Fikri Emsa – Cakaba

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close