DaerahPendidikan

PPDB SMA 2021 Amburadul, Ombudsman Nilai Kemunduran Pendidikan di Banten

FokusBanten.com – Pelaksanaan PPDB online SMA Negeri di Banten mengalami eror sejak hari pertama. Ombudsman menilai kondisi tersebut sebagai kemunduran tata kelola pendidikan di Banten.

Padahal, PPDB adalah salah satu aspek penting dalam dunia pendidikan. Selain itu penyelenggarannya setiap tahun dilakukan sehingga harusnya telah disiapkan secara matang.

“Permasalahan pada proses PPDB SMA tahun ini mencerminkan kemunduran tata kelola pendidikan di Provinsi Banten,” kata Kepala Perwakilan Ombudsman Banten Dedy Irsan kepada wartawan di Serang, Kamis (24/6/2021).

Ombudsman sendiri sudah mendapatkan laporan dan catatan khusus pada pelaksanaan PPDB. Ada rekomendasi dan permintaan khusus pada gubernur dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Banten sebagai pelaksana.

Pertama, sistem yang telah eror harus bisa menyelesaikan masalah sehingga tidak menimbulkan kerugian. Mereka juga diminta berkomunikasi pada publik mengenai masalah ini dan mengevaluasi penyelenggaraan atau penanggung jawab PPDB.

Pihak Dindikbud pun sudah meminta calon peserta didik mendaftar langsung ke sekolah. Mereka berdalih erornya sistem karena penumpukan jumlah pendaftar.

“Tapi kan kondisi itu bersamaan yang mendaftar satu waktu bersamaan sehingga tidak cukup untuk itu, jadi down, jangankan kita, DKI yang infrastrukturnya sudah bagus apalagi kita. Kalau kita bandingkan dengan provinsi tetangga kita secara infrastruktur sudah mumpuni,” kata Kepala Bidang SMA Dindikbud Banten Lukman kepada detikcom pada Rabu (23/6) kemarin.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close