Pendidikan

Cara Membuat Cover Makalah

Halo Sobat Fokus, pernahkah kamu mendapat tugas untuk membuat sebuah makalah? Untuk mahasiswa dan pelajar atau pun pekerja kantor mungkin sudah tidak asing lagi dengan ini. Namun, untuk kamu yang merupakan mahasiswa baru atau baru saja pertama kali membuatnya pasti terdapat banyak sekali pertanyaan. Untuk pertanyaan-pertanyaan seputar makalah akan penulis rangkum dalam tulisan berikut:

Format Makalah?

Dalam pembuatan makalah harus terdapat Cover/Sampul, Kata Pengantar, Daftar isi, Bab I Pendahuluan, Bab 2 Pembahasan, Bab 3 Penutup, dan Daftar Pustaka.

Isi cover/sampul?

Berisi tentang judul, mengenai pembahasan dalam makalah. Semisalnya penulis ingin membuat makalah mengenai Pendidikan Kesetaraan. Maka judul dalam makalah bisa dengan “Pendidikan Kesetaraan”, “Pendidikan Kesetaraan di Era Pandemi Covid-19”, dan lain sebagainya yang memang menggambarkan bahasan/isi dalam makalah tersebut.

Dibawah tulisan judul akan terdapat kegunaan makalah. Semisalnya makalah ini disusun untuk tugas mata kuliah maka dapat ditulis dengan “Disusun guna memenuhi tugas mata kuliah …” Sebutkan mata kuliah/mata pelajaran yang mengharuskan Sobat membuat makalah tersebut. Kemudian serta nama Dosen Pengampu/Gurunya.

Setelah ada logo Universitas tempat dimana Sobat berkuliah. Untuk pelajar, dapat menggunakan logo sekolah.

Dibawahnya lagi Sobat bisa muat bahwa makalah ini dibuat oleh siapa. Semisalnya ini tugas individu maka bisa Sobat tulis dengan “Disusun Oleh: -> Bagian bawahnya lagi -> Nama Sobat Fokus dan Nomor Induk”. Jika ini tugas kelompok, maka nama yang disebutkan adalah keseluruhan anggota kelompok.

Terakhir, sebutkan jurusan Sobat kemudian dilanjutkan dengan fakultas dan Universitas serta tahun dibuatnya makalah ini.

Dalam format Cover Makalah secara keseluruhan Sobat harus menggunakan “Rata teks ke tengah”. Mulai dari judul sampai dengan tahun dibuatkannya makalah. Untuk lebih memahaminya lebih lanjut, Sobat dapat melihat gambaran Cover Makalah yang penulis buat dengan contoh berikut:

MENILIK PENYEBAB TERJADINYA KEJAHATAN SEKSUAL

Disusun guna memenuhi tugas mata kuliah Kemanusiaan

Dosen Pengampu Azmi Luffy, S. Kom

LOGO UNIVERSITAS

Disusun Oleh:

Jannatul Ma’wah

0987654321

Jurusan Pendidikan Kemanusiaan

Fakultas Manusia Garis Tengah

Universitas Fokus Kemanusiaan

2021

Ya, itulah format dalam pembuatan cover/sampul dalam makalah. Adapun nama-nama di atas murni hanya fiksi semata. Namun, untuk format dalam pembuatannya sangatlah murni dan sesuai dengan kaidah pembuatan makalah.

Untuk pembahasan lebih lanjut mengenai tata cara dalam membuat makalah akan dibahas pada part berikutnya yaa Sobat! Jadi, fokuskanlah diri Sobat untuk memantau setiap kabar dan tulisan yang terupdate dalam fokusbanten.com ini 😇

See you!

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close