NasionalOpini

Ahmad Zakiyuddin Dorong Gabungan Koperasi Syariah Jawa Barat lakukan Komunikasi efektif saat Krisis.

Gabungan Koperasi Syariah ( Gakopsyah) Jawa Barat melakukan kegiatan Pelatihan untuk tenaga pemasar Koperasi Syariah Se Jawa Barat dengan Tema “Komunikasi efektif saat krisis ‘ pada Sabtu, 12 pebruari 2022 bertempat di Gedung Gakopsyah Jabar jalan Soekarno Hatta No.590 MTC Kota Bandung.

Hadir sebagai pemateri Ketua umum Perhimpunan Humas Perguruan Tinggi Indinesia ( Perhumani) yang juga merupakan akademisi Fisip Universitas Langlangbuana Dr. Ahmad Zakiyuddin, S.IP., M.I.Kom.

Dalam Sambutan Pembukaan Manager Gakopsyah Jawa Barat Luthfi Thamrin, SE, M.M mengungkapkan bahwa tujuan dari pelatihan adalah untuk meningkatkan Sumberdaya Manusia Koperasi Syariah dalam menghadapi masa krisis karena pandemi Covid 19.

Komunikasi efektif saat krisis dibutuhkan agar bisa meningkatkan Kualitas dan Pelayanan Koperasi Koperasi Syariah sehingga tumbuh Sehat.

Dalam Paparannya Ahmad Zakiyuddin mengungkapkan komunikasi efektif dalam organisasi menjadi salah satu hal yang sangat perlu untuk dibangun dan dipertahankan dengan sebaik mungkin.

Selanjutnya Zakiyuddin menegaskan bahwa Krisis adalah suatu peristiwa atau kejadian yang terjadi pada kehidupan manusia yang akan menciptakan situasi tidak stabil, bahkan berbahaya dan merugikan bagi orang-orang yang terlibat di dalamnya.

Dalam pandangan Zaki salahsatu dampak krisis adalah penurunan jumlah penjualan yang sangat drastis, sehingga perusahaan berada di posisi yang tidak aman atau hampir bangkrut.

Situasi ini sangat tidak stabil dan secara tidak langsung mengancam kehidupan orang-orang yang bekerja di dalam perusahaan tersebut,” Kata Zaki.

Selanjutnya Zaki mengungkapkan untuk mengendalikan dan mengelola krisis bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Namun, mau tidak mau, kita harus mempersiapkan organisasi atau perusahaan kita untuk bisa menghadapi krisis dengan sebaik mungkin.

Salah satu caranya adalah dengan memiliki komunikasi yang efektif,” Kata Zaki.

Selanjutnya Zaki mengungkapkan Langkah langkah komunikasi efektif dalam masa krisis yaitu menerima Tanggung Jawab yang Kita Miliki.

Jadi ketika krisis datang menghampiri kehidupan bisnis kita, jangan lari! Hadapi semuanya dengan tenang dan ingatlah bahwa kita memiliki tanggung jawab untuk menyelesaikan semua krisis ini,” Imbuh Zaki.

Selain itu upayakan untuk menghindari Segala Pertanyaan yang Tidak Relevan secara Langsung. Dalam menghadapi krisis, kita tidak perlu menanggapi pertanyaan-pertanyaan yang tidak relevan atau secara langsung menjatuhkan nama baik perusahaan kita,” Tegas Zaki.

Misalnya, pertanyaan yang mengarah kepada privasi perusahaan, penting bagi kita untuk mengabaikan pertanyaan semacam itu. Meskipun krisis yang kita hadapi sudah diketahui oleh banyak orang, namun bukan berarti pihak-pihak yang tidak terlibat harus tahu tentang apa yang terjadi pada perusahaan kita secara spesifik,” Kata Zaki.

Tunjukkan sikap simpati dan empati kepada orang-orang yang sedang mengalami krisis. Atau, jika krisis tersebut terjadi pada perusahaan kita, kita juga perlu bersikap simpati dan empati kepada pihak-pihak yang terlibat dalam krisis ini,” Kata Zaki.

Dalam hal ini, kita menunjukkan pelanggan bahwa kita dan pihak perusahaan sangat memahami dan mengetahui hal-hal apa saja yang sedang kita pertaruhkan. Segera Laporkan Solusi yang kita miliki terhadap krisis tersebut.

Jangan lupa untuk memohon maaf kembali kepada semua pihak yang terlibat atas krisis yang terjadi. Selain itu, jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak tersebut karena telah memahami situasi sulit yang sedang kita hadapi sekarang,” Pungkas Zaki.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close