NasionalPendidikanTeknologi

Ahmad Zakiyuddin Bagikan Tips Menjadi Influencer Marketing dalam Pengembangan Bisnis.

Purwakarta- Kementerian Kominfo berkerjasama dengan Siberkreasi Gerakan Makin Cakap Digital 2022 Menyelenggarakan Webinar Nasional Literasi Digital, Senin 5 September 2022 dengan mengambil tema : “Kiat Membangun Usaha di Era Digital”.

Hadir sebagai pemateri, Ketua Umum Perhimpunan Humas Perguruan Tinggi Indonesia (Perhumani) yang juga Akademisi Fisip Universitas Langlangbuana Dr. Ahmad Zakiyuddin, S.IP., M.I.Kom,. Pengajar dan Social Activation Winarsih, M.Pd dan Content Creator Gadisrafidha dan Profesional Hypnotherapist serta Moderator Luana Yunaneva.

Dalam pemaparannya Ahmad Zakiyuddin membagikan Pentingnya Influencer Marketing Dalam Pengembangan Bisnis.

Zakiyuddin menambahkan bahwa Influencer marketing adalah seseorang yang memiliki kekuatan untuk mempengaruhi keputusan pembelian orang lain, karena otoritas, pengetahuan, posisi, atau hubungannya dengan audiensnya. influencer marketing adalah salah satu cara sebuah brand untuk mempromosikan produk melalui endorsements atau rekomendasi dari influencer atau content creators di internet.

“Kunci dari influencer marketing ada pada keberadaan influencer. Pada dasarnya influencer adalah seseorang yang terbilang memiliki pengaruh di masyarakat. Namun, hal ini tidak berarti bahwa seorang influencer harus selalu berasal dari kalangan selebriti atau public figure.” Ungkap Zaki.

Zaki menegaskan bahwa jenis influencer marketing ada 4 yaitu mega influencer yaitu influencer yang memiliki jumlah pengikut yang besar di platform media sosial mereka, macro influencer yaitu influencer macro berasal dari dua tipe kalangan yakni selebriti yang belum mencapai puncak karier dan pakar daring yang telah sukses membangun followers yang signifikan, micro influencer yaitu micro influencer adalah orang biasa yang telah dikenal karena pengetahuan mereka dalam niche tertentu, nano influencer yaitu tipe influencer ini memiliki sedikit pengikut, tetapi mereka ahli dalam bidang yang tidak jelas atau sangat terspesialisasi.

“Keuntungan menggunakan jasa influencer marketing adalah memperluas pangsa pasar yaitu dengan melakukan endorsement melalui influencer, otomatis akan memperluas pangsa pasar anda. Itu karena mereka memiliki pengikut yang aktif dalam interaksi, menghasilkan word of mouth yaitu ketika seseorang memberikan informasi atau rekomendasi tentang suatu produk, layanan, atau merek melalui akun pribadinya, inilah yang disebut penyebaran informasi dari mulut ke mulut, membangun kedekatan dengan konsumen yaitu sebagian besar mikro influencer cenderung menggunakan produk yang mereka minati terlebih dahulu sebelum merekomendasikannya kepada pengikut mereka.” Jelas zaki.

Zaki mengungkapkan bahwa hampir 80 persen merek mengatakan bahwa strategi pemasaran efektif menggunakan influencer marketing, hampir 71 persen merek mengatakan bila kualitas pelanggan yang berasal dari influencer marketing lebih baik dibanding sumber lainnya serta hampir 49 persen konsumen bergantung pada rekomendasi influencer untuk keperluan pembelian mereka dan Pencarian google untuk influencer marketing mencapai 1.500 persen dalam 3 tahun terakhir.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close