WisataWorld

5 Fakta Kecamatan Cihurip, Surga Tersembunyi Di Garut

Cihurip adalah salah satu kecamatan yang cukup kecil dan sepi di Kabupaten Garut. Lokasinya yang relatif tersembunyi membuat kecamatan ini relatif kurang dikenal dibandingkan dengan Cisompet dan Cikajang tetangganya. Eksistensi Kecamatan Cihurip mulai terangkat di era digital karena banyak spot-spot menarik di Cihurip menjadi viral di media massa. Dalam hal ini memang Kecamatan Cihurip perlu berterima kasih kepada para pelaku online yang telah dengan sangat baik hati berkunjung, memfoto, dan menshare pengalaman di Cihurip kepada khalayak dunia maya. Netizen adalah sahabat dari Desa Cihurip.

Untuk mengenal lebih jauh tentang Cihurip, kami ungkap 10 fakta yang menarik diketahui tentang Cihurip, yang membuat anda yang belum pernah berkunjung ke Cihurip menjadi penasaran, atau bagi yang sudah pernah bisa mempunyai pengetahun tambahan.

  1. Tempat Wisata Alam

Cihurip sangat kaya dengan potensi wisata, terdapat banyak obyek wisata penting di Cihurip yaitu Situ Rancahideung, Curug Yogong, dan Curug Cibadak dan tentu saja yang paling fenomenal adalah Leuwi Tonjong yang meraih Juara Nasional 2 Ajang Pesona Indonesia (API 2018) KEMENPAR RI. Wisata lain sebetulnya masih banyak yang potensial jika dikembangkan misalnya wisata petualangan bersepeda atau bermotor di beberapa spot hutan pinus.

2. Sayang Kampung Sendiri

Orang Cihurip itu betah tinggal di Kampung, sekalipun merantau sebagai tukang di berbagai proyek, sebagian juga jualan di sektor informal perkotaan seperti di Bandung dan Jakarta, sebagian menjadi tukang gali emas di keliling Indonesia tapi orang cihurip jarang yang pindah tempat tinggal, mereka umumnya pulang lagi ke Cihurip.

3. Ahli Bangunan

Orang Cihurip itu sejak lama sangat terampil menjadi pekerja bangunan konstruksi gedung. Sejak tahun 1980an banyak orang Cihurip merantau ke kota besar menjadi pekerja bangunan di Jakarta dan Bandung. Banyak sekali orang cihurip yang pernah bekerja pada proyek-proyek bangunanpencakar langit di Jakarta, Bandung dan bahkan ke luar jawa. Walaupun sebagian besar tukang bangunan hanya berpendidikan dasar bukan arsitek dan sarjana teknik sipil, tapi mereka pandai membaca gambar kerja teknik dan memimpin proyek.

4. Alternatif Jalur Cisompet

SingajayaTerdapat jalan perlintasan dari Cisompet via CIhurip melalui jalur tajur kodehel cimanglid (TAKOCIM) lanjut ke Desa Cihurip dan Singajaya Melalui pegunungan Amlong, jalan yang luar biasa keren secara pemandangan hanya rawan longsor setiap tahun, sehingga jalan sering sakali tertutup longsor dan ditutup berbulan-bulan.

5. Lansekap Alam Luar Biasa

Banyak yang tidak menyadari keajaiban ini. Bagi yang peka dengan desain lansekap alam, Cihurip diciptakan Alloh dengan sangat unik. Bagaimana tidak kawasan ini seperti dilindungi oleh benteng raksasa yang mengelilingi berupa Gunung Batu vertikal di sisi utara, timur, dan barat. Tetapi alam menyediakan pemandangan terbuka ke arah laut selatan, sehingga warga cihurip setiap harinya bisa melihat sangat lepas sampai ke pantai yang berjarak puluhan KM.

Penulis:naufal al faruq

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close