World

6 Jurusan Paling Diminati di PKN STAN, Nomor 1 Jadi Buruan Utama Calon Mahasiswa

Ada 6 jurusan paling favorit di PKN STAN yang diincar oleh calon mahasiswi. Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) termasuk salah satu sekolah kedinasan yang banyak diminati di Indonesia.

Dilansir dari sindonews.com kampus yang berada dalam naungan Kementerian Keuangan ( Kemenkeu ) ini setiap tahunnya memiliki ribuan calon peserta didik. Bahkan, menurut laman dikdin.bkn.go.id jumlah pendaftar pada 2022 sejumlah 22.895 pendaftar.

Berikut 6 jurusan paling favorit di PKN STAN yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Pajak

Jurusan Pajak termasuk salah satu jurusan favorit di PKN STAN dan memiliki banyak pesaing untuk masuk jurusan ini. Jurusan ini memiliki fokus dalam penyelenggaraan pendidikan khusus perpajakan.

Keberadaan jurusan ini menjadi hal yang penting dalam ketatanegaraan karena pajak mengikat seluruh warga negara dan harus dikelola sebaik mungkin oleh pemerintah.

Jurusan Pajak di sekolah kedinasan ini memiliki 2 program studi dalam 2 jenjang berbeda yaitu Diploma 3 dan Diploma 1.

2. Kepabeanan dan Cukai

Jurusan Kepabeanan dan Cukai termasuk satu-satunya jurusan di sekolah kedinasan ini yang melangsungkan pendidikan semi militer. Peserta didiknya harus laki-laki yang akan dibimbing serta dilatih untuk menjadi ahli dan petugas di berbagai pelabuhan atau perbatasan.

Jurusan ini memiliki 2 program studi di jenjang pendidikan yang berbeda yaitu Diploma 3 dan Diploma 1.

3. Manajemen Aset

Sama halnya dengan Kepabeanan dan Cukai, Manajemen Aset juga menjadi salah satu jurusan yang paling diminati di STAN. Jurusan satu ini hanya tersedia untuk program Diploma III saja.

Jurusan Manajemen Aset ini dapat disebut sebagai jurusan “hukumnya STAN”. Pasalnya, mahasiswanya berkutat dengan mata kuliah hukum terutama topik masalah piutang lelang negara dan penilaian aset dan properti.

4.Kebendaharaan Negara

Kebendaharaan Negara termasuk salah satu jurusan yang banyak diminati. Jurusan ini memiliki fokus untuk mengurus keuangan negara.

Ada banyak sekali mata kuliah yang akan dipelajari dari jurusan ini, mulai dari hukum keuangan negara, manajemen keuangan, pengelolaan keuangan daerah, hingga pelaksanaan belanja negara. Jurusan PKN STAN yang satu ini juga terdiri dari dua program, yaitu Diploma I dan Diploma III.

5. Penilai / Pajak Bumi Bangunan

Jurusan Pajak Bumi Bangunan adalah jurusan favorit yang hanya ada di PKN STAN. Secara garis besar, mempelajari banyak mata kuliah, mulai dari ilmu ukur tanah dan pemetaan, manajemen properti, pemeliharaan bangunan, penilaian sumber daya, hingga perencanaan kota.

6. Akuntansi

Jurusan Akuntansi menjadi jurusan terakhir yang favorit di PKN STAN. Secara umum, Ilmu Akuntansi yang dipelajari pada jenjang Diploma PKN STAN sama dengan yang dilahap mahasiswa Strata 1 perguruan tinggi pada umumnya.

Di jurusan ini, mahasiswa belajar berbagai hal yang berhubungan dengan ilmu akuntansi dan juga penerapannya yang tentunya berhubungan dengan pemerintahan.

Berbeda dengan jurusan lainnya, di Jurusan Akuntansi, terdapat program studi jenjang Diploma 3 dan Diploma 4. Bagi mahasiswa Diploma 3, akan mengikuti perkuliahan selama 3 tahun untuk menjadi Ahli Madya.

Sementara lulusan Diploma 4 melangsungkan perkuliahan selama 4 tahun, setara dengan Sarjana.

Demikian 6 jurusan paling favorit di PKN STAN yang memiliki daya saing tinggi.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close