World

Miris toilet Harlah festival Kabupaten Tasikmalaya di anggap tidak layak di gunakan

KBRN, Tasikmalaya : Hari jadi Kabupaten Tasikmalaya ke 390 diisi berbagai kegiatan dan gelaran acara, termasuk Tasikmalaya Festival yang digelar di komplek Gedung Bupati Tasikmalaya.

Keragaman sajian, yang menghibur warga ini, sedikit terganggu dengan adanya pemandangan nyeleneh dan tidak biasa. Bukannya toilet portable, justru toilet darurat berbahan terpal dan bambu berdiri, di kawasan taman hijau, tidak jauh dari tenda – tenda peserta pameran.

Meski tidak terlalu terlihat dari area utama pameran, namun jika memasuki kawasan taman, toilet darurat layaknya tenda sementara di pengungsian dengan ukuran 1 x 1 meter ini, akan terlihat. Toilet ini hanya ditandai oleh selembar kertas bertuliskan toilet.

“Ini acara besar, hari jadi Kabupaten Tasikmalaya. Tapi panitia sepertinya  tidak siap. Ini kan fasilitas umum yang dibutuhkan, padahal bisa toilet portable.  Bukan malah membuat toilet seperti ini,” jelas Yudi (36) warga Singaparna pengunjung Tasik Festival 2022, Senin (25/7/2022).

Sumber air toilet berbahan terpal ini, mengandalkan kran air yang tersedia disana. Sementara pembuangan air mengalir tidak karuan, hingga membuat genangan air.

Kepala Satpol PP Kabupaten Tasikmalaya, Dadang Tabroni menjelaskan, anggotanya langsung terjun ke lokasi pasca mendapatkan laporan berdirinya toilet darurat dari terpal. Setelah dikonfirmasi,  toilet tersebut, dibuat tanpa ijin oleh warga sekitar lokasi.

Pihaknya langsung menegur dan meminta toilet tersebut untuk dibongkar. Selain tidak berijin, juga didirikan di lokasi yang bukan peruntukannya.

“Sudah kami tegur dan sekarang sudah di bongkar. Jadi itu (WC terpal) dibuat oleh si RT disana, inisiatif dia,” jelas Dadang.

Perayaan Hari Jadi Kabupaten Tasikmalaya ke 390 tahun itu  bertajuk Tasik Festival ini, digelar dari tanggal 22 – 26 Juli 2022. Selain menampilkan hiburan musik dan tablig akbar, sejumlah pihak seperti perusahaan swasta, intansi pemerintah dan SKPD di Kabupaten Tasikmalaya terlibat meraikan kegiatan tersebut. KBRN, Tasikmalaya : Hari jadi Kabupaten Tasikmalaya ke 390 diisi berbagai kegiatan dan gelaran acara, termasuk Tasikmalaya Festival yang digelar di komplek Gedung Bupati Tasikmalaya.

Keragaman sajian, yang menghibur warga ini, sedikit terganggu dengan adanya pemandangan nyeleneh dan tidak biasa. Bukannya toilet portable, justru toilet darurat berbahan terpal dan bambu berdiri, di kawasan taman hijau, tidak jauh dari tenda – tenda peserta pameran.Meski tidak terlalu terlihat dari area utama pameran, namun jika memasuki kawasan taman, toilet darurat layaknya tenda sementara di pengungsian dengan ukuran 1 x 1 meter ini, akan terlihat. Toilet ini hanya ditandai oleh selembar kertas bertuliskan toilet.”Ini acara besar, hari jadi Kabupaten Tasikmalaya. Tapi panitia sepertinya  tidak siap. Ini kan fasilitas umum yang dibutuhkan, padahal bisa toilet portable.  Bukan malah membuat toilet seperti ini,” jelas Yudi (36) warga Singaparna pengunjung Tasik Festival 2022, Senin (25/7/2022).Sumber air toilet berbahan terpal ini, mengandalkan kran air yang tersedia disana. Sementara pembuangan air mengalir tidak karuan, hingga membuat genangan air.Kepala Satpol PP Kabupaten Tasikmalaya, Dadang Tabroni menjelaskan, anggotanya langsung terjun ke lokasi pasca mendapatkan laporan berdirinya toilet darurat dari terpal. Setelah dikonfirmasi,  toilet tersebut, dibuat tanpa ijin oleh warga sekitar lokasi.Pihaknya langsung menegur dan meminta toilet tersebut untuk dibongkar. Selain tidak berijin, juga didirikan di lokasi yang bukan peruntukannya.”Sudah kami tegur dan sekarang sudah di bongkar. Jadi itu (WC terpal) dibuat oleh si RT disana, inisiatif dia,” jelas Dadang.Perayaan Hari Jadi Kabupaten Tasikmalaya ke 390 tahun itu  bertajuk Tasik Festival ini, digelar dari tanggal 22 – 26 Juli 2022. Selain menampilkan hiburan musik dan tablig akbar, sejumlah pihak seperti perusahaan swasta, intansi pemerintah dan SKPD di Kabupaten Tasikmalaya terlibat meraikan kegiatan tersebut. 

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close