NasionalPendidikanTeknologi

Ahmad Zakiyuddin Bagikan Cara Menghindari Penipuan Online dalam Literasi Digital Kabupaten Bandung.

KOTA BANDUNG–Kementerian Kominfo berkerjasama dengan Siberkreasi Gerakan Literasi Digital Nasional 2022 Menyelenggarakan Webinar Nasional Literasi Digital, Kamis 25 Agustus 2022 dengan mengambil tema : “Pengaruh Media Digital Terhadap Minat Baca Buku di Masyarakat”.

Hadir sebagai pemateri, Ketua Umum Perhimpunan Humas Perguruan Tinggi Indonesia (Perhumani) yang juga Akademisi Fisip Universitas Langlangbuana Dr. Ahmad Zakiyuddin, S.IP., M.I.Kom, Founder yayasan komunitas open source Arief Rama Syarif dan Content Creator Siti Sholikah. S.T. Acara dipandu oleh Moderator Icha Avrianty, M.A.

Dalam pemaparannya Ahmad Zakiyuddin membagikan Hati Hati dalam Jual Beli Online

Zakiyuddin menambahkan bahwa Electronic Commerce Transaction adalah transaksi dagang antara penjual dengan pembeli untuk menyediakan barang, jasa atau mengambil alih hak. Kontrak ini dilakukan dengan media elektronik (digital medium) di mana para pihak tidak hadir secara fisik. Medium ini terdapat di dalam jaringan umum dengan sistem terbuka yaitu internet atau world wide web. Transaksi ini terjadi terlepas dari batas wilayah dan syarat nasional.

“Alasan mengapa perusahaan menjalankan bisnis dengan menggunakan fasilitas e-commerce adalah dapat menjangkau audiensi di seluruh dunia, dapat melakukan komunikasi intraktif dengan biaya yang efisien, dapat menjangkau target konsumen tertentu, lebih mudah menyampaikan perubahan informasi seperti perubahan harga, mendapatkan umpan balik segera dari konsumen, serta menyediakan biaya penyebaran informasi merek yang efektif dan efisien.” Ungkap Zaki.

Zaki menjelaskan bahwa manfaat e-commerce bagi pelaku bisnis adalah kemudahan dalam aktivitas jual beli, memangkas biaya pemasaran, dapat menjangkau target market yang lebih luas, penyebaran informasi lebih mudah dan cepat, dan proses pembayaran menjadi lebih mudah dan cepat.

“Dampak positif dari e-commerce adalah munculnya aliran penghasilan baru yang mungkin lebih menjanjikan yang tidak ada pada sistem jual-beli dengan cara tradisional, e-commerce memberikan peluang untuk meningkatkan market exposure, berpotensi untuk memperluas jangkauan secara global (global reach), serta kesempatan untuk mengurangi biaya operasional (operating cost).” Jelas Zaki.

“Sedangkan dampak negatif dari e-commerce adalahpotensi terjadinya penipuan dimana seseorang kehilangan dari segi finansial karena kecurangan pihak lain, kemungkinan terjadinya pencurian data dan informasi rahasia dan berharga yang dapat mengakibatkan kerugian besar kepada korban, dan potensi terjadinya kehilangan kesempatan bisnis atau kerugian pelanggan yang diakibatkan oleh gangguan sistem, misalnya human error dan gangguan listrik tiba-tiba.” Tambah Zaki.

“Cara menghindari penipuan online adalah Miliki password yang kuat dan aman di semua akun digital serta Pahami pentingnya merahasiakan kode OTP, Jangan posting data pribadi ke media sosial dan jangan sembarangan unduh aplikasi di ponsel dan laptop, Rajin Update Sistem dan Anti Virus pada smartphone/tablet/PC dan jangan lupa aktifkan Fitur Pengaman Ganda, serta Pastikan selalu log-out setelah transaksi serta wajib cek link URL dengan teliti saat online.” Pungkas Zaki.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close